-->

Tujuan Dan Manfaat Mengikuti AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020

Tujuan Dan Manfaat AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020, pelakasanaan AKG  Madrasah akan dilaksanakan pada bulan November berarti waktu untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti AKG Madrasah tidak lama lagi.

Walaupun waktu yang tidak lama lagi akan melaksanakan AKG Madrasah, masih banyak dari guru Madrasah yang bertanya-tanya apa sih tujuannya diadakan AKG Madrasah dan apa manfaatnya kalai kita mengikuti AKG Madrasah? Pertanyaan tersebut masih menjadi pertanyaan yang umum ditanyakan okeh guru madrasah.


Melalui tulisan tentang Tujuan Dan Manfaat AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020, diharapkan pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab melalui tulisan ini, silahkan simak Tujuan Dan Manfaat AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020 berikut ini:


Tujuan  AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020


1.    Memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

2.     Mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru, kepala dan pengawas madrasah dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

3.     Tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dijadikan rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru, kepala dan pengawas madrasah.


Manfaat AKG, AKK dan AKP Madrasah Tahun 2020


Manfaat kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan memberikan manfaat sebagai berikut:

1.    Bagi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Hasil Asesmen ini merupakan informasi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah terhadap kompetensi yang dimiliki sehingga bisa digunakan sebagai dasar untuk memprioritaskan upaya dalam meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau secara bersama-sama.


2.     Bagi Madrasah, Hasil asesmen membantu pengelola madrasah untuk mengetahui peta kompetensi guru serta sebagai bahan dalam menyusun rencana pengembangan madrasah terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia di madrasah sesuai dengan visi dan misi madrasah.


3.    Bagi Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Hasil asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah digunakan oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk menyusun rencana penyelenggaraan PKB di wilayahnya, kemudian dilaporkan dan dikoordinasikan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi melalui bidang Pendidikan Madrasah;


4.     Bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, aporan hasil asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota digunakan untuk mengetahui peta kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah serta digunakan untuk menyusun kebijakan penyelenggaraan pengembangan keprofesian berkelanjutan di provinsi.


5.    Bagi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menerima laporan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi tentang rencana penyelenggaraan PKB di Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi dalam menyusun, merencanakan kegiatan dan mengalokasikan anggaran yang dibutuhkan secara nasional.

Bapak ibu yang belum mempunyai juknis AKG Madrasah tahun 2020 bisa download di sini

Bapak ibu juga bisa belajar soal-soal dan kunci jawaban ujian AKG Madrasah si bawah ini:

File Penting Terkait dengan AKG AKK dan AKP Madrasah

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter