Pengertian perintah, arahan, saran, usulan, dan komentar, beserta contohnya

Pengertian perintah, arahan, saran, usulan, dan komentar, beserta contohnya. dari beberapa kata tersebut ada persamaan dan perbedaan yang terkandung dalam artinya, tetapi banyak orang mengartikannya sama, yuk kita pelajari beberapa pengertian perintah, usulan, arahan, saran dan komentar, beserta contohnya.

Pengertian perintah, arahan, saran, usulan, dan komentar, beserta contohnya

1. Perintah

Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu. Arti Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki.

Ciri-ciri kalimat perintah yaitu

1. Kalimat perintah jika dilisankan berintonasi naik di awal dan berintonasi rendah di akhir.Kata yang berintonasi naik biasanya kata dasar.
2. Berpola kalimat inversi (PS).
3. Menggunakan partikel -lah atau -kan.
4. Menggunakan tanda seru (!) bila digunakan dalam bahasa tulis.


Contoh Kalimat Perintah:

a.Tolong matikan kran air itu!
b.Jangan membuat ribut, anak-anak!
c.Buang sampah itu !

2. Arahan

Kalimat arahan adalah kalimat petunjuk untuk melaksanakan sesuatu atau perintah resmi seorang pemimpin perusahaan kepada bawahannya yang berupa petunjuk untuk melaksanakan sesuatu dan jika tidak dilakukan akan mendapatkan sanksi

.

Contohnya :
Ketua RT memberikan arahan tentang penanggulangan jentik nyamuk.

3. Saran

Pengertian Saran adalah sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Saran harus bersifat membangun,mendidik,dan secara objrktif dan sesuai dengan topik yang dibahas.

Contohnya
Seharusnya dia berangkat lebih pagi agar tidak terlambat.

4. Usulan

Pengertian Usulan adalah gagasan, anjuran, pendapat yg berupa masukan kritikan dan saran  yg dikemukakan untuk dipertimbangkan boleh diterima atau tidak.

Contohnya
a. pak bagaimana jika setiap pagi kita adakan pengajian rutin?
b. pak bagaimana jika kita membersikan halam seminggu sekali?

5. Komentar

Pengertian Komentar adalah pendapat yang berisi uraian atau ulasan ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya, yang bersifat kritikan atau saran yang boleh dipertimbangkan atau tidak perlu diterima.

contohnya
Rumahmu jelek, tidak ada gunanya kamu perbaiki


Itulah beberapa pengertian dari Pengertian perintah, arahan, saran, usulan, dan komentar, beserta contohnya. semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter