Cara Backup dan Restore Data PMP Versi 2.0 Terbaru

Info gambar
Cara Backup dan Restore Data PMP Versi 2.0 2017 Terbaru, untuk proses input data instrumen PMP untuk satu PTK saja harus menyelesaikan 500 kuesioner lebih. Itu baru satu PTK, belum PTK lain lagi. Belum data peserta didik, sekolah, komite, dan pengawas.

Tak bisa dibayangkan bukan, betapa sangat lama dan harus bersabar untuk menyelesaikan semua instrumen kuesioner PMP di sebuah sekolah. Tentu ketika pekerjaan tersebut selesai, pasti anda khususnya operator sekolah akan merasa lega selega-leganya.



Namun bagaimana jika setelah menyelesaikan semua proses input data PMP, tiba-tiba karena sebab tertentu laptop anda rusak dan harus instal ulang, padahal anda belum melakukan verifikasi dan pengiriman data PMP?

Tentu ini menjadi musibah tersendiri bagi para operator. Sebab jika di instal ulang, data di PMP akan hilang semua kendati sudah anda simpan. Nah, jika ini terjadi anda harus rela lembur hingga larut malam lagi untuk mengulang kembali proses entri data PMP dari awal.


Backup Data adalah salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan data akibat sistem mengalami error, hardisk rusak atau laptop hilang. Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah dikerjakan hilang sia-sia. 

Cara kerja cepat tanpa input ulang data adalah dengan cara Backup kemudian di Restore. Pada aplikasi PMP Dapodik, sering kali mengalami eror bahkan tidak bisa di jalankan sama sekali, nah dengan adanya cara ini, bisa meringankan beban operator dalam mengerjakan PMP, trus bagaimana caranya backup dan restore PMP?



A. Cara Backup Data PMP Versi 2.0 2017


1. Buka aplikasi PMP dan Login

2. masuk sebagai Operator sekolah
3. Klik Tab Verifikasi dan Kirim Data, lihat gambar di bawah.


4. Setelah klik Backup secara otomatis akan mendownload

5. ingat-ingat tempat data yang terbakup tadi, tapi biasanya langsung masuk di 'DOWNLOAD"

Catatan  "jangan merubah nama file Backupan "




B. CARA RESTORE DATA PMP V 2.0 2017


 hampir sama dengan Backup, caranya

1. Buka aplikasi PMP dan Login

2. masuk sebagai Operator sekolah
3. Klik Tab Verifikasi dan Kirim Data, lihat gambar di bawah.


4. klik restore data - 

5. pilih file hasil backupan anda
6. klik open lanjutkan disimpan
7. anda sudah berhasil,


dengan adanaya Backup dan Restore ini mengamankan anda ketika ada kesalahan teknis, mungkin aplikasi eror, laptop eror, instal versi terbaru dll


*Catatan!!! Setiap selesai melakukan input data PMP sebaikanya anda melakukan Backup Data. Sehingga data PMP anda akan selalu terjaga.


Demikian Cara Backup dan Restore Data PMP Versi 2.0 Terbaru. Semoga dapat bermanfaat
CEK LEBIH LANJUT
276114601013/jajal2.js 91322617515/tikus.js