Download Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah)



Ada 8 Standar yang perlu diperhatikan dalam penyusan EDS (Evaluasi diri sekolah) diantaranya Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. 

Adapun tujuan dari EDS itu sendiri (seperti dilansir disdikbud.sultengprov.go.id)  adalah untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan sekolah, merupakan salah satu langkah yang baik dalam peningkatan mutu sekolah. Dengan melakukan evaluasi diri (evadir) maka dapat dipahami bersama oleh segenap warga sekolah akan segala kelebihan dan kelemahan sekolahnya, sehingga langkah-langkah perbaikan dan titik fokus pengembangan sekolah dapat dilakukan dengan tepat. Karena itu evadir dapat menghemat waktu pencapaian tingkat mutu sekolah yang dikehendaki. Kegiatan evadir sekolah dapat dikaitkan atau diikuti oleh evaluasi eksternal, namun hal ini tidaklah menjadi keharusan, artinya evaluasi diri sekolah lebih baik diinternalisasikan sebagai bagian dari budaya peningkatan mutu sekolah secara menyeluruh dan berkelanjutan. 

Contoh EDS Sekolah Dasar

Tujuan utama EDS (Evaluasi Diri Sekolah) adalah mengevalusi mutu pendidikan yang mereka berikan berdasarkan indikator kunci untuk dapat mengetahui kelebihan mereka dan mengidentifikasi bidang yang membutuhkan perbaikan,untuk perencanaan dan memprioritaskan bidang untuk perbaikan dan pengembangan sekolah serta menyediakan informasi mengenai tingkatan standar dan mutu di sekolah yang dapat diberikan melalui sistem data yang akan mengarahkan data tersebut untuk perencanaan pada tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.


Manfaat EDS (Evaluasi Diri Sekolah) untuk Sekolah yaitu dapat mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan, mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya, memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.


Download Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah)

Maka daripada itu EDS (Evaluasi Diri Sekolah) sangatlah penting untuk di lakukan.

Berikut beberapa EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang Bapak Ibu dapat Gunakan di sekolah masing masing..

Hasil EDS inilah yang dianalislis akan tergambar semua situasi sekolah, sehingga baik sekolah maupun pengawas Pembina dapat menjadi acuan untuk membuat program peningkatan mutu sekolah binaannya. 



Download Aplikasi Instrumen EDS berbasis exel mudah mengisinya


Semoga EDS (Evaluasi Diri Sekolah)yang kami sajikan di atas dapat bermanfaat dan bisa membuat sekolah yang kita kelola menjadi lebih baik...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel