CARA PENGAJUAN BANTUAN BUKU GRATIS DARI SAJUBU

mungkin masih banyak yang bertanya apakah SAJUBU itu, yuk kita bahas SAJUBU itu ?


1 Juta Buku Untuk Anak-anak Indonesia yang dikenal baik dengan sebutan "SAJUBU" adalah sebuah gerakan yang berhubungan dengan kegiatan pembagian buku gratis kepada perpustakaan sekolah, taman baca, dan perpustakaan masyarakat. 

Gerakan ini terbentuk pada tahun 2010 atas keprihatinan terhadap minat baca dan fasilitas penunjang belajar seperti buku-buku yang amat terbatas dimiliki oleh adik-adik di tingkat sekolah terutama yang berada pada daerah terpencil wilayah Indonesia. Berlandaskan harapan anak-anak di seluruh Indonesia, tidak peduli tempat, seperti apa sekolah mereka, keterbatasan, akses, fasilitas, dan lainnya namun tetap mempunyai bacaan yang menginspirasi. 

Bacaan yang membuka mata serta menumbuhkan antusiasme sehingga anak-anak di seluruh Indonesia nantinya akan tumbuh beriringan dengan pemahaman baik terhadap cita-cita pribadi mereka, keluarga, juga martabat bangsanya melalui buku yang SAJUBU kirimkan.

Sjubu mempunyai beberapa Kriteria, yaitu

1. Harus ada Perpustakaan/Taman Bacaan
Perpustakaan/Taman bacaan mutlak harus sudah beroperasi selama 6 bulan, agar ada jaminan keberlanjutan perpustakaan/taman bacaan tersebut. Kami dengan berbangga hati, dengan segenap perasaan yakin, selalu menyarankan, jika rekan-rekan punya niat tulus, keinginan kuat untuk ikut mengurus anak-anak di sekitar kita dengan mendirikan taman bacaan, maka dirikanlah. Mulailah dengan kepal tangan, kemampuan yang ada. Insya Allah, semua pintu bantuan akan terbuka. Nah, setelah 6 bulan berjalan apa adanya, terbukti taman bacaan tersebut aktif, ada anak-anak yang semangat membaca.

2. Perpustakaan/Taman Bacaan yang diperuntukkan Selain untuk TPA (Kurang 6 Tahun).
Buku-buku yang dikirimkan gerakan ini tidak cocok untuk bacaan anak-anak di bawah usia 6 tahun. Jadi dengan amat menyesal tidak bisa dipenuhi. Hal ini termasuk perpustakaan/taman bacaan umum dengan anggota lebih banyak anak-anak di bawah usia 6 tahun.

3. Perpustakaan/Taman Bacaan untuk anak-anak usia SD, SMP, dan SMA
Ini sudah jelas, karena gerakan ini untuk anak-anak usia SD, SMP, dan SMA.

4. Perpustakaan/Taman Bacaan bisa menunjukkan keaktifannya.(lewat foto-foto) 
Karena relawan tidak memungkinkan untuk mensurvei langsung, maka penting sekali mengirimkan foto-foto yang dapat menunjukkan jika perpustakaan/taman bacaan tersebut aktif. Kirimkanlah foto-foto yang ukurannya kecil (size di bawah 100KB), namun bernilai informasi besar.

5. Perpustakaan/Taman Bacaan Jelas
Dikecualikan jika iuran bagi anggota untuk biaya pemeliharaan dan nilainya tidak signifikan.

6. Perpustakaan Daerah/Perpustakaan Milik sekolah bukan milik Umum/Pemerintah.

Apabila perpustakaan sobat tidak termasuk dalam daftar poin 1 s.d 6 di atas, maka insya Allah, 90% akan lolos seleksi dan bisa untuk di daftarkan di SAJUBU.

Untuk pendaftarannya silahkan persiapkan terlebih dahulu foto-foto yang dapat menunjukkan jika perpustakaan/taman bacaan tersebut aktif dan e-mail yang aktif karena SAJUBU akan mengirimkan username dan passwor ke email yang didaftarkan. setelah semua siap silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Masuk pada situs 1jutabuku.org atau bisa langsung di sisfosajubu.jejaring.org kemudian klik tombol "DAFTAR SEKARANG".

2. isi formulir Registrasi Perpustakaan / Taman Baca Masyarakat

CARA PENGAJUAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN GRATIS DARI SAJUBU

3. Unggah foto-foto kegiatan perpustakaan yang telah dipersiapkan ukurannya harus kurang dari 100KB

4. Klik tombol "DAFTARKAN"
5. Tunggu email konfirmasi atau username dan password dari SAJUBU

Untuk melihat Detail Sekolah / Perpustakaan Masyarakat yang telah di daftarkan silahkan klik "LOGIN" pada halam awal situs sisfosajubu.jejaring.org kemudian masukan Username dan Password yang dikirimkan lewat email, Silahkan lengkapi data-data perpustakaan sobat, bisa menambahkan foto kegiatan perpustakaan ataupun data-data lain yang belum terisi pada form tersebut.

CARA PENGAJUAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN GRATIS DARI SAJUBU

Apabila sudah didaftarkan, dilengkapi dan memenuhi kriteria SAJUBU silahkan tungggu konfirmasi dari SAJUBU apakah perpustakaan sobat diterima atau ditolak, apabila diterima tunggu 3-4 minggu bagi SAJUBU untuk menyelesaikan daftar antrian dan mengirimkan bantuan paket buku.

Ingat ! setelah menerima kiriman, pihak penerima bantuan wajib memberikan konfirmasi atas paket buku yang telah diterima. Konfirmasi ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk pengiriman bantuan paket buku selanjutnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel