Rumus Volume Prisma dan Rumus Luas Prisma Segi Tiga

benihpagi. Rumus Volume Prisma dan Rumus Luas Prisma Segi Tiga. Prisma merupakan sebuah bangun ruang terdapat volume (isi) yang memiliki ukuran tertentu. Untuk mneghitung volume dan luas dari tipe prisma diperlukan rumus yang berbeda-beda pula. Pada artikel ini akan diulas mengenai rumus volume dan luas prisma semua tipe.

Daftar Rumus Volume Prisma dan Rumus Luas Prisma

1. Rumus Volume Prisma Segitiga

V = (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma

2. Rumus Volume Prisma Persegi

V = (sisi x sisi) x tinggi prisma

3. Rumus Volume Prisma Segiempat

V =  (panjang x lebar) x tinggi prisma

4. Rumus Volume Prisma Segilima

V = (5 x (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga)) x tinggi prisma

Dari semua rumus tersebut dapat kita lihat bahwa rumus volume prisma tergantung pada bentuk alas prisma. Karena rumus volume prisma disusun dari rumus alas prisma dikalikan dengan tinggi prisma. Dengan kata lain, rumus umum dari volume prisma adalah sebagai berikut:

V Prisma = Luas alas x Tinggi Prisma

Rumus volume prisma

Sedangkan untuk rumus luas prisma dapat dilihat dari jumlah bangun datar yang menyusunnya. Karena prisma adalah gabungan dari beberapa bangun datar yang saling terhubung dan ada yang berpotongan antar rusuknya. Rumus luas prisma juga sering disebut dengan rumus luas permukaan prisma, karena rumus ini menghitung jumlah luas dari semua sisi yang menutupi bangun ruang prisma. Rumus umum luas prisma atau rumus luas permukaan prisma adalah sebagai berikut:

Luas Prisma = (2 x L. Alas) + L. Selubung

rumus luas permukaan prisma

Jadi jika alasnya berbentuk segitiga, maka dicari dulu luas segitiga, kemudian luas segitiga tersebut dikalikan dengan 2 dan ditambahkan dengan luas selubung yang melingkari badan prisma. Dengan begitu luas semua bidang datar yang menjadi sisi dari prisma dapat diperoleh perhitungannya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Volume Prisma dan Rumus Luas Prisma Segi Tiga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel